Minggu, 19 Maret 2017

Keindahan Pondok Ajaib

             Kota Bakso !! Yeay hari ini saya berkunjung ke kota yang terkenal dengan makanan khas itu. Oke, tepatnya saya berada di Kota Malang Jawa Timur. Alhamdulillah saya ke kota malang lagi dan berkesempatan mengunjungi salah satu keajaiban bangunan berasitektur yang nggak kalah bagus sama bangunan ala-ala turki. Orang-orang sekitar sering menyebutnya masjid tiban Karena masjid tersebut tiba-tiba ada di kecamatan turen. Konon katanya yang membangun adalah jin yang bias jadi semalaman. Apakah betul seperti itu? Mari kita kunjungi saja pondok ajaib ini yang menyimpan banyak pertanyaan. 

              Ketika kalian menuju ke masjid Turen, perlu berjalan kaki beberapa meter dari parkiran yang disediakan. Kalian akan disuguhi beberapa toko oleh-oleh di sepanjang jalan (Jadi jangan khawatir, kalau mau nyari buah tangan untuk sahabat dan keluarga tercinta). Sampai di masjid turen kalian tidak perlu mengeluarkan kocek untuk menjelajahi masjid turen. Perlu diketahui bagi pengunjung yang datang kesana WAJIB : "Menggunakan Baju Muslim ". Nah jadi bagi kalian yang tidak berhijab dan berbusana muslim mohon maaf anda tidak bisa masuk. 

           Alangkah lebih baiknya, untuk menggunakan guide tour/pemandu ketika kalian ingin berkeliling di Pondok Ajaib ini. Selain tidak tersesat menggunakan guide tour banyak manfaatnya karena kita akan bisa lebih paham mengenai cerita dan sejarah yang ada pondok ajaib. Ditemani guide tour membuat saya bisa lebih explore dan memahami pondok ajaib ini. Saat pertama kali masuk kalian akan disuguhi bangunan dan arsitektur yang cukup menawan. Beberapa bangunan didominasi warna golden dan biru. Di setiap bangunan terdapat ukiran yang berlafalkan tulisan arab. Kalau diatas saya bilang ini adalah pondok ajaib, faktanya adalah Pondok Pesantren jadi bukan masjid saja yang ada disini. Keistemewaan pondok pesantren disini, bahwa santrinya diajarkan bagaimana berperilaku yang baik sesuai ajaran Alquran dan hadist. Kalau biasanya pondok pesantren mengajarkan menulis, membaca dan menghafalkan ayat alquran, maka disini adalah mengamalkan. 
              Salah satu pertanyaan yang perlu dijawab bahwa bangunan nan megah ini dibangun bukan karena buatan jin atau tiba-tiba jadi. Bangunan tersebut dibuat oleh beberapa santri yang mondok di pesantren tersebut. Semua material berasal dari bantuan keluarga dan orang-orang tertentu yang masih kerabat kelurga pendiri pondok pesantren. Mereka tidak minta dana dari orang-orang untuk pembangunannya. Bahkan di pondok pesantren tersebut tidak akan ditemukan kotak infaq.

Ukiran berbahasa arab yang ada di dinding pondok ajaib.














 Catatan berkunjung:
1.    Wajib menggunakan pakaian muslim ketika berkunjung ke tempat ini. Bagi perempuan wajib berhijab. 
2.       Gunakanlah alas kaki yang simple, Why? Beberapa lantai dan bangunan tidak mengijinkan kita menggunakan alas kaki. Selain itu karena pondok pesantren ini masih terus dalam tahap pembangunan jadi kalian harus hati-hati lihat jalan dan waspada. 
3.    Bawalah kantong plastik untuk menyimpan dan membawa alas kaki. Jangan takut kalua lupa membawa kantong plastik Karena sebelum memasuki kawasan pondok pesantren turen banyak penjual kantong plastik.
4.      Biaya masuk gratis dan bagi kalian yang membawa kamera apapun tidak dikenakan biaya.
5.   Sebaiknya kalian menyempatkan untuk sholat berjamaah disana dan menikmati indahnya beribadah disana.
6.     Tidak usah takut kelelahan karena naik turun mengelilingi tempat tersebut, disana tersedia lift yang bias kalian gunakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar