Kamis, 08 November 2012

Jangan Sepelekan Cuci Tangan


Jangan Sepelekan Cuci Tangan

Siapa yang gak suka jalan-jalan? Apalagi jalan-jalannya mengunjungi daerah wisata kuliner makan ini makan itu beli minuman a minuman b semua jajanan dicoba? Tapi….sebelum makan dan minum sudahkah cuci tangan? #eaaaaaa. Terkadang saking senengnya main dan buru-buru ingin menyantap berbagai hidangan kita lupa dengan kebiasaan “mencuci tangan”. Bagi sebagian orang mencuci tangan itu hal yang mudah, tetapi banyak juga ditinggalkan. Padahal kita gak tahu sebelum makan tangan kita menyentuh apa saja? Pegang uang? Habis buang sampah terus langsung makan? Hiiiii……ngeri banget. Padahal dari kontak tangan kita ke benda-benda lain itu menimbulkan tangan kita mengandung kuman. Lalu kalau kita tidak cuci tangan apa bahayanya?
Resiko Penyakit Jika Tidak Cuci tangan dengan baik?
Penyakit yang sering mengandrungi dan banyak terjadi akibat melupakan kebiasaan cuci tangan adalah “ Diare”. Diare merupakan kondisi dimana terjadi perubahan frekuensi,isi dan konsistensi. Lama diare tergantung jenisnya diare akut <7hari, diare prolong 7-14hari dan diare persisten(kronis) >14hari. Agent yang meginfeksi bisa berasal dari golongan virus, bakteri dan parasit.

Bagaimana Bisa Menyebabkan Sakit?
Lingkungan yang tidak bersih dapat menyebabkan kuman diare berkembang dengan pesat selain itu perilaku manusia terutama tidak cuci tangan dapat meyebabkan kuman diare masuk ke dalam tubuh melalui jalur fecal-oral (feses-mulut). Tangan kita yang memegang banyak benda padahal benda tersebut atau habis buang air besar kita lupa tidak mencuci tangan  kemudian kita makan menggunakan tangan tanpa cuci tangan. Akibatnya kuman masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan yang kita makan. Bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh menyerang usus halus (tempat mencerna makanan) lalu melakukan serangan di situ dengan meghasilkan toksin dan merusak dinding usus halus akibatnya menyebabkan diare dengan ditandai mulas pada perut dan buang air besar dengan feses cair berkali-kali.

Lalu, Bagaimana caranya supaya tidak terkena diare?
Lebih baik mencegah daripada mengobati, lebih baik mencuci tangan daripada kena diare. Hehhe. Jadi yukkk kita mulai mencegah kuman-kuman memasuki tubuh kita dengan kebiasaan yang baik juga yaitu dengan cuci tangan yang baik dan benar. Kenapa cuci tangan? Dengan cuci tangan kita bisa meminimalisasi kuman penyakit yang masuk ke dalam mulut kita, karena tangan adalah organ tubuh yang selalu kontak dan digunakan kita terus-menurus dalam beraktivitas. Cuci tangan sebelum-sehabis makan, sebelum-sesudah buang air besar, dan yang pasti sebelum dan sesudah melakukan aktivitas apa saja kita harus cuci tangan. Nah ini ada tutorial mengenai cuci tangan yang baik buat teman-teman. Jadi gak ada alasan lagi kan kalau gak cuci tangan? #sehatberawaldarilangkahsederhana. Yukkkk dicoba tutorial cuci tangan ^_^

video

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar