Selasa, 15 Mei 2012

Fruit & Vegetable on Weekend

Jika kita mengonsumsi makanan dan minuman yang baik buat tubuh maka produktivitas seseorang juga akan meningkat. Produktivitas meningkat efeknya kualitas hidup juga menjadi lebih baik. Betul kan? Darisinilah keluargaku menerapkan "wajib makan buah dan sayur pada sabtu-minggu" sebenarnya sayur dan buah juga kita konsumsi pada hari-hari yang lainnya. Tetapi porsi sayur dan buah paling banyak ada di hari sabtu dan minggu. Kenapa? Dari hari senin sampai jum'at tiap anggota keluarga hanya makan di rumah ketika sore sampai menjelang malam itupun biasanya makanan hanya diperoleh beli diluar (jajan) jadi kita gag tau menahu kebersihan dan bahan2 lain yang ada di makan itu. Sehingga weekend yang sebagian anggota keluargaku  yang libur kerja dan kuliah akan dimanjakan dengan berbagai menu masakan sayur dan buah dari pagi sampai malam hari. Sebenarnya sepele program ini, tetapi kalau program ini diterapkan di setiap keluarga. Sepertinya akan lebih baik efeknya daripada hanya keluargaku saja yang melakukannya. 

Sayur dan buah adalah pendamping makanan yang akan banyak vitamin dan serat. Selain protein, karbohidrat dan lemak tubuh juga membutuhkan vitamin dan serat. Vitamin hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang kecil, tetapi jika tubuh tidak mendapatkan vitamin/ kekurangan vitamin akan mengakibatkan terganggunya  metabolisme tubuh dan ujung-ujungnya dapat menimbulkan penyakit. Serat juga berperan penting dalam tubuh. Why? bayangin aja kalo gag ada serat dalam tubuh. Zat-zat sisa dan zat yang tidak diperlukan dalam tubuh hanya menumpuk di perut dan tidak bisa dikeluarkan, lalu yang terjadi perut akan menggembul dan badan jadi tidak enak. Serat disini membantu memperlancar buang air besar. Segala zat yang tidak dibutuhkan akan didorong dan dibantu oleh serat untuk keluar dari tubuh. Jadi tidak ada salahnya kan memulai mengonsumsi buah dan sayur?

" Sebenarnya makan sayur dan buah itu sepele, tetapi jika kita menghiraukan makan makanan tersebut bisa mengakibatkan efek yang buruk bagi kesehatan"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar