Sabtu, 18 Juni 2011

Perempuan itu perlu !!


          Media massa maupun elektronik sekarang ini tidak gencarnya memeberitakan mengenai kasus-kasus tentang perempuan. Kasus yang terjadi bervariasi dari mulai pelecahan seksual, perdagangan perempuan bahkan pekerja komersial. Beberapa minggu yang lalu saya membaca salah satu surat kabar di Jogja tentang pengakuan seorang perempuan yang mendapatkan pelecehan seksual saat mengendarai motor. Kejadian itu bermula ketika dia mengendarai motornya pada pagi hari melewati jalan di daerah Yogayakarta. Tiba-tiba terdapat motor yang ditumpangi  2 orang laki-laki berboncengan dibelakangnya. Motor tersebut menyalip motor perempuan tersebut, kemudian dengan cepat laki-laki yang membonceng memegang payudara perempuan itu.
          Selain kasus itu, saya juga sempat membaca salah satu media elektronik yang mendapatkan pelecehan di kereta listrik jabotabek. Tapi bedanya dari kasus yang pertama tadi. Kasus ini lebih ekstrim. Seorang perempuan dilecehkan di kereta, ketika segerombolan laki-laki melakukan pelecehan di dalam kereta. Segerombolan laki-laki tersebut bergabtian melakukan pelecehan seksual pada peremopuan dengan cara menggosokan alat reproduksinya pada perempuan itu. Astagfirrlah….
          Sungguh mengerikan jaman sekarang ini, ujung-ujungnya perempuan menjadi korban. Tapi kita juga tidak harus menyalahkan seluruhnya pada laki-laki. Karena semua ini juga tanggung jawab kita bersama. Perempuan harus memiliki perlindungan yang kuat ketika mengalami situasi tersebut. Perempuan lemah itu tidak ada, adanya perempuan yang takut bertindak. Perempuan harus cerdas supaya tidak gampang ditipu laki-laki. Disini saya akan membagikan tips apa yang harus dilakukan jika berada di situasi tersebut:
1.    Jika anda menemukan orang atau laki-laki yang mencurigakan jauhi orang tersebut dan pergi ke tempat keramaian. Jangan suka melihat atau menatap orang yang mencurigakan ditakutkan orang tersebut akan berbalik mencurigai anda.
2.    Ketika berpergian ke suatu tempat yang anda tidak sering atau tidak tahu tempat itu ajaklah teman anda untuk menemani. Sehingga jika ada apa-apa teman anda bisa membantu.
3.    Simpanlah beberapa nomor penting di dalam handphone anda seperti nomer polisi atau nomor darurat lainnya.
4.    Sebaiknya jika menyimpan nomer handpone keluarga anda, gunakanlah nama inisial yang hanya anda saja yang tahu, karena ditakutkan nomer keluarga anda akan menjadi korban penjahat jika h panda hilang da nada di tangan orang jahat.
5.    Ketika anda mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari seseorang segera hubungi pihak berwajib.
6.    Perempuan memang perlu beladiri, setidaknya perempuan bisa melakukan perlawanan ketika terjadi kejahatan. Jika anda tidak bisa beladiri, anda bisa memanfaatkan property di sekitar untuk melindungi diri. Misal, ketika tas anda ditarik copet, ambillah sepatu anda dan pukul copet itu sambil berteriak meminta pertolongan.
7.    Kita harus mawas diri pada hal-hal yang dapat mengancam keselamatan kita, kalo memang tidak bisa apa-apa atau sudah takut. Hal terakhir yang dilakukan adalah berdoa. Doa adalah segalanya. Tuhan akan membantu hambanya jika mendapatkan kesulitan.
Mudah-mudahan artikel yang saya buat ini bermanfaat. MUngkin bisa dicoba. Hehhehheheh ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar