Sabtu, 12 Februari 2011

ayoo hindari stress


Iseng-iseng mbaca buku di perpustakaan, tertarik aja ambil buku satu ini bukan karena gambar covernya makanan tapi kayaknya keyen.... hehhehe. Buka halaman daftar isi menarik lama-lama saya jadi bener-bener tertarik sama buku itu . Tau gag?? Ternyata buku itu mbahas pengaruh makanan terhadap stress. Wuaduh usut-di usut ternyata makanan berpengaruh besar juga terhadap keadaan kejiwaan yya?? Hehheh. Orang yang mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan dan melakukan pola hidup sehat memiliki resiko yang rendah terhadap stress. Wah....padahal orang sekarang ini rentan banget sama stress. Stress kan bisa macem-macem tuh sumbernya, stress karena utang, mikirin tugas kuliah, masalah cinta atau bahkan masalah kehidupan. Sampai-sampai melupakan iank namanya olahraga atau makanan sayur dan buah. Maklumlah jaman sekarang ini populernya makan junk food atau makanan iank instan gitu. Laper langsung buat mie instan atau langsung dah ke depot makanan terdekat. Bahkan menurut temen-temen ku iank nge kost paling irit makan di angkringan tapi ujungnya pada susah ke belakang gara-gara makan tiap hari nasi kucing, tempe plus es teh . hahhhaha . murah meriah seh tapi juga perlu pikir-pikir lage manfaatnya. Tyus bagaimana ngobatin stress dengan pola hidup sehat? Orang iank terhindar dari stress ya orang yang melihat masalahnya bukanlah beban yang sangat berat tapi mengubah sudut pandang bahwa masalah yang dihadapi bisa terasa mudah. Itu teorinya tapi dalam prakteknya belum semua bisa mengaplikasikan dengan baik termasuk saya iank masih belajar . hihi. Cara menghindari stress gampang susah kog iank pasti harus menjalani hidup sehat.
1.    1. Tidur yang cukup jangan kebanyakan atau kekurangan tidurnya.
2.    2. Coba deh perbanyak makan sayur dan buah. Banyak artikel dan buku-buku memuat bahwa buah dan sayur banyak khasiatnya, bahkan bikin kita tampak awet lebih muda.
3.    3. Olahraga,  bisa lari pagi, naik sepeda, senam dan lain-lainnya iank menurut kamu  olahraga itu menyenangkan. Olahraga selain untuk kesehatan juga sebagai sarana hiburan.
4.    4. Melakukan hal-hal iank menyenangkan seperti jalan-jalan, membaca atau maen game
5.    5. Hindari minuman alkohol, soft drink dan kopi. Gantillah dengan minum air putih iank lebih sehat
6.      6. Awali harimu dengan penuh semangat, rasa syukur dan siap untuk hadapi hari itu .

Selamat mencoba yyah,,, mudah2an gag gampang stress. Hahhha . Buat lebih tahu mendalamnya tentang makanan apa saja iank bisa berhubungan dengan stress bisa baca bukunya Kathry Marsden dengan judul food combining. Catatan sedikit penulis, maav tulisannya masih amburadul dan mav kalo ada bahasa iank kurang dimengerti alias banyak kata alayna. Hihi . Ditunggu sarannya . Makasih ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar